Tahap-tahap Memasang Lantai Kayu Sendiri

Jika dilihat memang nampak sulit memasang lantai kayu. Namun bila sudah memiliki pemahaman mengenai parket tentu hal itu akan menjadi mudah. Anda ingin mengetahui bagaimana pemasangan lantai kayu? Simak artikel ini, dan anda akan diberikan proses pemasangannya dengan detail. Saat anda ingin memasang lantai kayu. Ada 6 tahap yang harus anda lalui. Dimana keenam tahap tersebut merupakan dasar untuk memasang lantai kayu sendiri. Meski demikian, keenam dasar ini bukan menjadi acuan. Karena pada setiap orang tentu punya cara masing-masing, entah itu tukang lantai kayu profesional atau yang baru terjun di dunia dekorasi interior.

Sebelum memasuki tahapannya, tentu anda juga perlu tahu mengenai apa itu parket lantai. Karena bila tidak mengenal bahannya tentu tidak akan mungkin bagi anda bisa memasang lantai kayu sendiri di rumah. Lantai kayu merupakan kayu yang keras, padat, memiliki penampilan menarik dimana sebagai nilai tambah dan gaya dari rumah anda. Pemasangannya sebagian besar untuk dekorasi ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan rumah makan.

Berikut ini keenam cara pasang parket kayu lantai sendiri di rumah anda.

  1. Bila anda ingin parket lurus, maka anda perlu mengatur dengan sisi lidah menghadap ke tengah ruangan. Berilah jarak antara dinding ruangan dan lantai supaya cukup untuk pembatas dan juga untuk mengatur kayu dari panas dan kelembapan. Ukuran pada lubang kayu kira-kita 1/4 inci dari sisi sempit kayu dan 1/2 inci dari dinding. Kemudian dilanjutkan di interval 6 inci untuk panjang setiap kayu.
  2. Tahap selanjutnya, anda buat pola untuk jembatan awal ketika memasangkan lantai kayu. Kemudian cocokan sudut tersebut dengan material telah disesuaikan dengan dembul untuk pencocokannya. Kemudian anda bisa melakukan metode blind nailing yang merupakan metode menyembunyikan paku dengan menggunakan papan. Lalu lidah dan pembatas akan mendorong paku di sudut 45 derajat melalui lidah, dan kemudian menyembunyikan dengan menyesuaikan alur dari papan berikutnya. Pastikan sudut yang menjadi awal pemasangan di bawah permukaan kayu untuk mencegah gangguan pada sendi.
  3. Di baris kedua, mengunci lidah dan alur dan tekan materialnya secara bersama-sama dengan palu serta blok yang tujuannya untuk mencocokan antara material dan papan.
  4. Menggunakan metode blind naill yang melalui lidah kemudian ulangi proses tersebut dengan menggunakan nialer.
  5. Saat sudah sampai di baris terakhir, kemudian anda beralih dengan memakunya memakai tangan. Dan di baris terakhir, anda bisa memotongnya dengan potongan yang sesuai. Ukurlah jarak dari dinding dengan papan, yang ukurannya tidak lebih dan tidak kurang dari jarak.
  6. Terakhir anda lakukan finishing bila kayu belum di-coating. Namun bila sudah di-coating proses pemasangannya hanya cukup sampai 5 tahap saja.

Demikianlah proses dan tahap pemasangan parket lantai kayu sendiri. Semoga bermanfaat.

Cek harga parket murah di http://muziparquet.com/2018/01/10/harga-lantai-parket-murah-di-muziparquet-com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *